Rabu, Januari 23, 2008

Suharto dan Dosa-dosanya


"Aku Tidak Mau Kebagian...


Sudah lebih dari 2 minggu belakangan ini, semua televisi menayangkan perkembanga kesehatan mantan presiden RI ke 2, H.M. Suharto. Laki-laki yang pernah 32 tahun menjadi penguasa tersebut digambarkan sedang sekarat dan tidak juga lepas dari masa kreitis. Jantung, paru, ginjal sampai dengan tekanan darahnya tidak juga kembali normal. Malah sebuah alat didatangkan khusus untuk proses penyembuhan Suharto yang diyakini mempunyai darah raja-raja Jawa.
Saat yang sama dengan terbaringnya Suharto, banyak perkembangan politik yang menyertainya. Amien Rais yang awalnya menentang semua perlakuan lunak kepada Suharto pun mulai membuka diri dan memaafkan.

Sikap ini langsung diamini dengan sejumlah sekolahan di bawah naungan Muhammadiyah dengan menggelar doa untuk kesembuhan. Sikap pemerintah yang dituntut mengusut tuntas semua pelanggaran semasa berkuasa pun, mulai luluh.

Sedang di kalangan mahasiswa tetap bertahan dengan konsep idealnya. Kendati sudah tidak terlalu menggugat, mereka juga mendoakan kesembuhan untuk penguasa yang menurut mereka selama 32 tahun mengekang kebebasan berserikat dan mengemukaka pendapat sebagaimana yang diamanatkan dalam UUD 1945 pasal 28. Tapi, di balik doa kesembuhan, para mahasiswa tetap berharap kelak Suharto bisa mempertanggungjawabkan semua perbuatannya.
Sementara itu kondisi Suharto yang dirawat di Rumah Sakit Pusat Pertamina pun tetap saja tidak stabil. Kondisi ini juga membuat kalangan jurnalis sampai keleleran di pelataran RS menunggu perkembangan Suharto. Kondisi yang sama juga terlihat di sekitaran kota Solo dimana sebuah tempat yang disediakan khusus untuk makam keluarga Suharto. Sampai sekarang pun, kondisi Suharto tidak juga membaik.
Saya lalu ingat dengan nasehat orangtua saya saat masih kecil. Saat itu, saya dan beberapa teman sedang mempergunjingkan teman lain dan langsung ditegur. Orangtua saya mengatakan jangan suka mengunjingkan orang karena nanti dosa orang yang digunjingkan akan diberikan kepada siapa yang mempergunjingkan. Mengingat nasehat yang entah benar atau tidak, saya langsung bungkam seribu bahasa saat diajak wartawan lain membicarakan Suharto.
Dalam hati, saya langsung ingat nasehat orangtua saya dan jujur saya tidak mau kebagian dosa-dosa Suharto karena ikut mempergunjingkannya. Saya tidak bisa membayangkan seandainya ditanggung dengan banyak orang pun, mungkin kesalahan Suharto masih terlalu berat. Mungkin nyaris sama dengan beban hutang yang diwariskan kepada kita selama dia berkuasa.
Karena mempertimbangkan dosa akibat perbuatan saya sendiri sudah terlalu berat, saya tidak mau membicarakan Suharto dan penyakitnya. Anda bisa bayangkan berapa berat dosa saya setelah ditambah dengan dosa Suharto karena saya ikut-ikutan mempergunjingkannya.

Tidak ada komentar: