Sabtu, Juli 05, 2008

Sistem MLM dalam Pilgub

Opo Sing Kenal Calonmu?

Untuk masyarakat Jawa Timur (maaf bila anda bukan warga Jatim), pemilihan gubernur semakin dekat. Pilkadasung (pemilihan kepala daerah langsung) akan dilaksanakan pada Rabu 23 Juli 2008. Itu artinya, penentuan pemenang akan semakin dekat.

Eh ngomong tentang pilkadasung, saya sempat tersenyum saat melihat spanduk dengan tulisan tersebut di perempatan Jl Kusuma Bangsa – Jl. Ambengan. Sekilas dalam benak otak saya yang kurang demokratis (karena tidak suka politik) ini dengan peribahasa kondang terkait dengan pilkada. Pilkadasung saya artikan Pil= pilih, ka=kadal (seharusnya kucing) da=dalam sung=sarung (seharusnya karung). Jadi pilkadasung setara artinya dengan memilih kucing dalam karung.

Kembali ke proses pilkadasung (terserah anda mengartikan yang mana), saya membayangkan sistem pemenangan calon dengan MLM (Multi Level Marketing). Sekilas saja, cara ini adalah melibatkan orang yang sudah menjadi downline kita untuk membuat downline-downline lainnya. Bila sistem ini berkembang dengan baik, akan terbangun pohon yang sangat luar biasa.

Salah satu aspek untuk membuat downline adalah trust (percaya). Artinya, siapapun yang menjadi downline seseorang, harus percaya dengan uplinenya tersebut. Demikian seterusnya...

Pertanyaan sederhana adalah dari lima calon gubernur Jawa Timur yang ada (Khofifah indarparawangsa, Sukarwo, Sunarjo, Sutjipto dan Acmady) apakah ada yang anda dengan kenal baik? Logikanya, dari sekitar 29,2 juta jiwa pemilih, hanya 10 persen yang kenal mereka (termasuk saudara, kerabat, famili, tetangga, paman, keponakan, teman masing-masing calon).

Artinya masih ada 50 persen diantaranya yang jadi rebutan para calon tersebut. Mereka pun akan menggunakan tim sukses untuk ‘mendekatkan’ jagoannya kepada kita yang bukan saudara, kerabat, famili, tetangga, paman, keponakan, teman dari sang calon tersebut.

Dengan sistem ini, anda yang tidak kenal dengan sang calon pun akan merasa dekat karena kebetulan ada adalah teman dari temannya calon atau tetangga dari tetangganya calon. Dengan cara ini, jumlah pendukung mereka akan lebih dari 10 persen seiring dengan kesuksesan mereka membangun pohon jaringan dengan sistem yang mirip MLM.

Saya? Saya jujur merasa beruntung bisa menyalurkan hasrat dan ambisi saya lewat sarana tulisan ini. Mengapa? Karena saya bisa menambah jumlah orang yang mengenal saya yaitu orang yang pernah membaca atau melihat web amburadul ini. Jadi bila saya mencalonkan gubernur Jatim, saya sudah punya lebih dari 10 persen pendukung karena saya juga punya saudara, kerabat, famili, tetangga, paman, keponakan dan teman. Ditambah lagi dengan orang yang pernah mengenal saya lewat jalur maya ini. hehehe





Tidak ada komentar: